Loading image

PROFIL 

Pusat Penjaminan Mutu Fakultas (P2MF) adalah unit organisasi yang bertanggung jawab dalam mengoordinasikan, melaksanakan, memantau, dan mengevaluasi kegiatan pengembangan kurikulum serta penjaminan mutu pendidikan di tingkat fakultas. Pusat ini berperan penting dalam mensosialisasikan Sistem Penjaminan Mutu (SPM) kepada seluruh civitas akademika, serta memfasilitasi penyusunan dokumen mutu fakultas untuk memastikan standar pendidikan yang berkualitas. Dalam menjalankan tugasnya, P2MF senantiasa berkoordinasi dengan Unit Penjaminan Mutu Program Studi untuk memastikan penerapan sistem mutu yang konsisten dan berkelanjutan di tingkat program studi. 


Kepala P2MF FISIP: Ainun Nimatu Rohmah, M.A. 
UPM PS S1 & S2 Administrasi Publik: Dyah Kuntorini Dwi Angreni, S.I.P., M.KP. 
UPM PS S1 & S2 Ilmu Pemerintahan: Paisal Akbar, S.IP, M.I.P. 
UPM PS S1 Pembangunan Sosial: Anif Muchlashin, S.Sos., M.A. 
UPM PS S1 Ilmu Hubungan Internasional: Muhammad Rasyid Ridho, S.I.P., M.A. 
UPM PS S1 Ilmu Komunikasi: Harry Isra Muhammad, S.S., M.A. 
UPM PS S1 Administrasi Bisnis: Rosyid Nurrohman, S.M., M.AB. 
UPM PS S1 Psikologi: Frida Zakiyya Harasuna, S.Psi., M.Psi., Psikolog 

SK Kepala P2MF FISIP Universitas Mulawarman Link File 
SK. Tim Unit Jaminan Mutu Prodi FISIP UNMUL 2025 Link File 
Surat Tugas Unit Jaminan Mutu Program Studi 2024 Link File 
Surat Tugas Unit Jaminan Mutu Program Studi 2023 Link FIle 

 

DOKUMEN MUTU 
Dokumen mutu dalam penjaminan mutu fakultas adalah serangkaian dokumen formal yang digunakan untuk merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi proses penjaminan mutu di tingkat fakultas. Dokumen-dokumen ini berfungsi sebagai panduan dan referensi utama dalam memastikan bahwa setiap kegiatan akademik, administratif, dan operasional di fakultas berjalan sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan, baik oleh institusi maupun standar nasional atau internasional. 

-  Kebijakan Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) 
Kebijakan SPMI merupakan seperangkat aturan yang menjadi acuan dalam pelaksanaan dan penerapan mutu untuk berbagai pilar penyelenggaraan dan pengelolaan dalam menegakkan Tridharma di FISIP Universitas Mulawarman. Kebijakan ini menjadi dasar dalam menyusun dokumen-dokumen yang lebih operasional, seperti Standar SPMI, Manual SPMI, dan Formulir SPMI, sebagai bagian dari implementasi SPMI. Dokumen Kebijakan Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) terbaru (pembaruan 2025) dapat dilihat pada tautan berikut 

KEBIJAKAN SPMI FISIP Lihat 
KEBIJAKAN SPMI UNIVERSITAS MULAWARMAN Lihat 


- Manual Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) 
Manual SPMI adalah dokumen tertulis yang berisi panduan praktis tentang cara melaksanakan SPMI. Dokumen ini berguna untuk membantu pemangku keputusan dalam lingkup SPMI, dosen, serta tenaga kependidikan dalam menerapkan Standar SPMI sesuai dengan wewenang yang telah ditetapkan oleh standar Dikti yang mengacu pada SN-PT Dikti. Manual ini berlaku untuk seluruh standar yang dirancang, dirumuskan, dan disahkan. Ruang lingkup implementasinya mencakup Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan SPMI (PPEPP). Dokumen Manual Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) terbaru (pembaruan 2025) dapat dilihat pada tautan berikut 


Manual SPMI FISIP 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN Lihat 
STANDAR ISI PEMBELAJARAN Lihat 
STANDAR POSES PEMBELAJARAN Lihat 
STANDAR PENILAIAN PEMBELAJARAN Lihat 
STANDAR DOSEN DAN TENDIK Lihat 
STANDAR SARANA DAN PRASARANA Lihat 
STANDAR PENGELOLAAN PEMBELAJARAN Lihat 
STANDAR PEMBIAYAAN PEMBELAJARAN Lihat 
STANDAR HASIL PENELITIAN Lihat 
10 STANDAR ISI PENELITIAN Lihat 
11 STANDAR PROSES PENELITIAN Lihat 
12 STANDAR PENILAIAN PENELITIAN Lihat 
13 STANDAR PENELITIAN Lihat 
14 STANDAR SARANA DAN PRASARANA PENELITIAN Lihat 
15 STANDAR PENGELOLAAN PENELITIAN Lihat 
16 STANDARA PENDANAAN DAN PEMBIAYAAN PENELITIAN Lihat 
17 STANDAR HASIL PKM Lihat 
18 STANDAR ISI PKM Lihat 
19 STANDAR PROSES PKM Lihat 
20 STANDAR PENILAIAN PKM Lihat 
21 STANDAR PELAKSANAAN PKM Lihat 
22 STANDAR SARANA DAN PRASARANA PKM Lihat 
23 STANDAR PENGELOLAAN PKM Lihat 
24 STANDAR PENDANAAN DAN PEMBIAYAAN PKM Lihat 
25 KEAMANAN DAN KETERTIBAN KAMPUS Lihat 
26 KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN KAMPUS Lihat 
27 SISTEM INFORMASI Lihat 
28 SUASANA AKADEMIK Lihat 
29 KERJASAMA Lihat 
30 PENERIMAAN MAHASISWA BARU Lihat 
31 PENERIMAAN MAHASISWA MAGISTER Lihat 
32 MINAT,BAKAT ,DAN KEGIATAN MAHASISWA Lihat 
33 BIMBINGAN KONSELING MAHASISWA Lihat 
34 LAYANAN KESEHATAN MAHASISWA Lihat 
35 BEASISWA Lihat 
36 TRACER STUDY ALUMNI Lihat 


Manual SPMI Unmul

MANUAL SPMI UNIVERSITAS MULAWARMAN Lihat 


- Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) 
Standar SPMI adalah kriteria yang menggambarkan tingkat pencapaian kinerja yang diharapkan dan digunakan untuk mengukur serta menjabarkan persyaratan mutu dan prestasi kerja dari individu atau unit kerja. Standar SPMI FISIP Universitas Mulawarman mengacu pada standar SPMI Universitas Mulawarman. Dokumen Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) terbaru (pembaruan 2025) dapat dilihat pada tautan berikut: Standar Pendidikan , Standar Penelitian , Standar PkM , Standar Tambahan 


Standar SPMI FISIP 

DOKUMEN STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN FISIP Lihat 
DOKUMEN STANDAR ISI PEMBELAJARAN FISIP Lihat 
DOKUMEN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN FISIP Lihat 
DOKUMEN STANDAR PENILAIAN PEMBELAJARAN FISIP Lihat 
DOKUMEN STANDAR DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN FISIP Lihat 
DOKUMEN STANDAR SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN FISIP Lihat 
DOKUMEN STANDAR PENGELOLAAN PEMBELAJARAN FISIP Lihat 
DOKUMEN STANDAR PEMBIAYAAN PEMBELAJARAN FISIP Lihat 
DOKUMEN STANDAR HASIL PENELITIAN FISIP Lihat 
10 DOKUMEN STANDAR ISI PENELITIAN FISIP Lihat 
11 DOKUMEN STANDAR PROSES PENELITIAN FISIP Lihat 
12 DOKUMEN STANDAR PENILAIAN PENELITIAN FISIP Lihat 
13 DOKUMEN STANDAR PENELITI FISIP Lihat 
14 DOKUMEN STANDAR SARANA DAN PRASARANA PENELITIAN FISIP Lihat 
15 DOKUMEN STANDAR PENGELOLAAN PENELITIAN FISIP Lihat 
16 DOKUMEN STANDAR PENDANAAN DAN PEMBIAYAAN PENELITIAN FISIP Lihat 
17 DOKUMEN STANDAR HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENELITIAN FISIP Lihat 
18 DOKUMEN STANDAR ISI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENELITIAN Lihat 
19 DOKUMEN STANDAR PROSES PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FISIP Lihat 
20 DOKUMEN STANDAR PENILAIAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FISIP Lihat 
21 DOKUMEN STANDAR PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FISIP Lihat 
22 DOKUMEN STANDAR SARANA DAN PRASARANA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Lihat 
23 DOKUMEN STANDAR PENGELOLAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Lihat 
24 DOKUMEN STANDAR PENDANAAN DAN PEMBIAYAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Lihat 
25 DOKUMEN STANDAR KEAMANAN DAN KETERTIBAN KAMPUS FISIP Lihat 
26 DOKUMEN STANDAR KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN FISIP Lihat 
27 DOKUMEN STANDAR SISTEM INFORMASI Lihat 
28 DOKUMEN STANDAR NUANSA AKADEMIK Lihat 
29 DOKUMEN STANDAR KERJASAMA Lihat 
30 STANDAR PENERIMAAN MAHASISWA BARU Lihat 
31 STANDAR PENERIMAAN MAHASISWA S2 FISIP Lihat 
32 STANDAR MINAT, BAKAT DAN KEGIATAN MAHASISWA Lihat 
33 STANDAR BIMBINGAN KONSELING MAHASISWA Lihat 
34 STANDAR LAYANAN KESEHATAN MAHASISWA Lihat 
35 STANDAR BEASISWA Lihat 
36 STANDAR TRACER STUDY ALUMNI Lihat 


Standar SPMI Unmul

STANDAR SPMI UNIVERSITAS MULAWARMAN Lihat 


- Formulir SPMI 
Formulir SPMI merupakan dokumen penting yang digunakan untuk mendokumentasikan proses penjaminan mutu, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hingga pengendalian dan peningkatan kegiatan akademik dan administrasi. Formulir ini mencatat data kinerja, hasil evaluasi, dan umpan balik dari berbagai pihak, serta menjadi acuan untuk tindakan perbaikan yang diperlukan. Penggunaan formulir SPMI memastikan bahwa seluruh proses berjalan sesuai standar mutu yang telah ditetapkan oleh institusi. Dokumen Formulir Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) terbaru (pembaruan 2025) dapat dilihat pada tautan berikut 
 

FORMULIR SPMI UNIVERSITAS MULAWARMAN Lihat 


Peraturan Rektor Universitas Mulawarman Nomor 20 Tahun 2020 tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal Link FIle 


AUDIT MUTU INTERNAL 
Audit Mutu Internal (AMI) adalah proses evaluasi internal yang dilakukan oleh institusi untuk menilai sejauh mana sistem penjaminan mutu program studi berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan. AMI dilakukan secara rutin untuk memastikan bahwa setiap program studi: memenuhi standar mutu internal, mengidentifikasi kekurangan atau area yang perlu ditingkatkan, serta mengembangkan budaya mutu di dalam institusi. 


AKREDITASI 
Akreditasi merupakan penilaian dan pengakuan formal dari lembaga eksternal, yang bertujuan untuk: menjamin bahwa program studi telah memenuhi standar nasional atau internasional, meningkatkan reputasi dan daya saing program studi, serta memperoleh masukan dari pihak eksternal. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan, dijelaskan bahwa akreditasi program studi dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) sesuai dengan pemenuhan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SN Dikti) serta standar LAM. LAM dibentuk berdasarkan rumpun ilmu atau cabang ilmu tertentu, sehingga setiap rumpun atau cabang ilmu memiliki indikator mutu akreditasi yang spesifik. 

EVALUASI 
Proses Evaluasi dalam siklus PPEPP bertujuan untuk mengukur dan menilai kinerja serta efektivitas dari setiap program dan layanan pendidikan yang diselenggarakan oleh FISIP Universitas Mulawarman. Melalui evaluasi yang menyeluruh, fakultas dapat mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, serta peluang perbaikan berdasarkan data dan umpan balik dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk mahasiswa, dosen, dan pengguna lulusan. Evaluasi ini menjadi landasan penting bagi pengambilan keputusan strategis untuk peningkatan mutu yang berkelanjutan 

SURVEI KEPUASAN 
Survei ini meliputi survei kepuasan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan, serta survei terhadap mitra kerja sama, masyarakat, lulusan, dan pengguna lulusan. Partisipasi aktif dari seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk memastikan pengambilan keputusan yang tepat dan berbasis data, demi mendukung peningkatan mutu yang berkelanjutan di lingkungan fakultas. 

Kami mengundang Anda untuk berpartisipasi dalam survei kepuasan melalui tautan berikut : 

Survei  Kepuasan Mahasiswa, Dosen dan Tendik Lihat 
2Survei Kepuasan Lulusan Lihat 
3Survei Kepuasan Pengguna Lulusan Lihat 
4Survei Kepuasan Mitra Kerja Sama Lihat 
5Survei pemahaman Visi Misi Lihat 


LAPORAN HASIL SURVEI 2025 

1SURVEI KEPUASAN MAHASISWALihat 
2SURVEI KEPUASAN DOSEN DAN TENDIKLihat 
3SURVEI KEPUASAN LULUSANLihat 
4SURVEI KEPUASAN PENGGUNAAN LULUSANLihat 
5SURVEI KEPUASAN MITRA KERJASAMALihat 
6SURVEI PEMAHAMAN VISI MISI(dokumen menyusul) 


LAPORAN HASIL SURVEI 2024 

1Survei Kepuasan Mahasiswa Lihat 
2Survei Kepuasan Dosen dan Tendik Lihat 
3Survei Kepuasan Lulusan Lihat 
4Survei Kepuasan Pengguna Lulusan Lihat 
5Survei Kepuasan Mitra Kerja Sama Lihat 
6Survei Pemahaman Visi Misi (dokumen menyusul) 


- MONEV AKADEMIK 
Laporan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) 

Semester Ganjil TA 2023/2024 Link File 
Semester Genap TA 2023/2024 Link File 
Semester Ganjil TA 2024/2025 Link File 
Semester Genap TA 2024/2025 Link File 

Laporan Monev Pembelajaran: 
Semester Genap TA 2023/2024 Link File 
Semester Ganjil TA 2024/2025 Link File 

- MONEV NON-AKADEMIK 
Laporan Monev Kinerja Dosen dan Tendik: 
Semester Ganjil TA 2023/2024 Link File 
Semester Genap TA 2023/2034 Link FIle 

PANDUAN MONEV CPL & RPS 

1Panduan Monev CPL & RPS 2024Lihat 
2Panduan Monev CPL & RPS 2020Lihat 


PROSEDUR OPERASIONAL BAKU 
POB bertujuan untuk memastikan konsistensi, efisiensi, dan kepatuhan terhadap standar mutu dalam semua proses, mulai dari pengelolaan pembelajaran, penelitian, hingga pengabdian masyarakat. Penerapan POB membantu meminimalisasi kesalahan dan mempermudah evaluasi kinerja serta peningkatan layanan di lingkungan FISIP. 
 

VISI MISI TUJUAN STRATEGI 

PENYUSUNAN VNTS RENSRA Lihat 
SOSIALISASI VMTS Lihat 
PENYUSUNAN SPMI Lihat 
PENYUSUNAN AUDIT MUTU INTERNAL Lihat 
PELAKSANAAN AUDIT MUTU INTERNAL Lihat 
MONEV PELAKSANAAN SPMI Lihat 
PENYUSUNAN KERJASAMA Lihat 
PEMBAHARUAN KERJASAMA Lihat 
PEMBERHENTIAN KERJASAMA Lihat 
10 LAPORAN MONEV PENELITIAN PENGABDIAN Lihat 


TATA PAMONG 

PEMILIHAN DAN PENETAPAN DEKAN Lihat 
PEMILIHAN DAN PENETAPAN WAKIL DEKAN Lihat 
SURVEY KEPUASAN LAYANAN MANAJEMEN Lihat 
PENANGANAN PELANGGARAN KODE ETIK DOSEN Lihat 
PENANGANAN PELANGGARAN KODE ETIK TENDIK Lihat 
PENANGANAN PELANGGARAN KODE ETIK MAHASISWA Lihat 
PEMILIHAN SENAT FAKULTAS Lihat 
PEMILIHAN GUGUS JAMINAN MUTU FAKULTAS Lihat 
PEMILIHAN KOORDINATOR PROGRAM STUDI Lihat 
10 PEMILIHAN SEKRETARIS PROGRAM STUDI Lihat 
11 PEMILIHAN UNIT JAMINAN MUTU PRODI Lihat 
12 PEMILIHAN SENAT UNIVERSITAS Lihat 


MAHASISWA 

LAYANAN BIDANG PENALARAN MINAT DAN BAKAT Lihat 
LAYANAN KESEHATAN Lihat 
SURVEY LAYANAN KEMAHASISWAAN Lihat 
PENGAJUAN BEASISWA Lihat 
PEMBENTUKAN UKM BARU Lihat 
PEMILIHAN BEM & DPM Lihat 
PEMILIHAN KETUA UKM & HIMA Lihat 
PENERBITAN KARTU TANDA MAHASISWA HILANG Lihat 
PENGAJUAN DANA KEGIATAN KEMAHASISWAAN Lihat 
10 PENYUSUNAN DATA BASE KEGIATAN MAHASISWA Lihat 
11 PERIZINAN KEGIATAN MAHASISWA Lihat 


SUMBER DAYA MANUSIA 

PENYUSUNAN PENGEBANGAN DOSEN DAN TENDIK Lihat 
SURVEY PENGELOLAAN SDM Lihat 
PERENCANAAN,PELASANAAN,EVALUASI TUGAS TAMBAHAN Lihat 
PENETAPAN DOSEN TETAP NON PNS Lihat 
PENGAJUAN DOSEN TETAP NON PNS Lihat 
PERIZINAN DINAS KELUAR PULAU KALIMANTAN DOSEN DAN TENDIK PNS Lihat 
PERIZINAN DINAS DALAM DAN LUAR PULAU KALIMANTAN DOSEN NON PNS Lihat 
PERIZINAN DINAS DALAM PULAU KALIMANTAN DOSEN PNS Lihat 


KEUANGAN DAN SARANA PRASARANA 

PEMELIHARAAN BMN Lihat 
PENERIMAAN, PEMERIKSAAN DAN PENYIMPANAN BMN Lihat 
PERMINTAAN DAN PENGELUARAN BMN DAN BARANG HABIS PAKAI Lihat 
BANTUAN PERJALANAN DINAS Lihat 
PENUNDAAN PEMBAYARAN UANG KULIAH TUNGGAL Lihat 
PENURUNAN PEMBAYARAN UANG KULIAH TUNGGAL Lihat 
PENYUSUNAN RENCANA ANGGARAN TAHUNAN Lihat 
PENGAJUAN DANA OPERASIONAL Lihat 
REALISASI BIAYA OPERASIONAL Lihat 
10 PENERIMAAN DANA DARI INSITUSI LUAR Lihat 
11 REALIASI DANA PENELITIAN Lihat 
12 REALIASI DANA PKM Lihat 
13 REALIASI DANA PRAKTIKUM Lihat 
14 REALIASI DANA KULIAH UMUM Lihat 
15 PEMINJAMAN BARANG MILIK NEGARA Lihat 
16 PEMINJAMAN RUANGAN Lihat 
17 PENGELOLAAN SURAT KELUAR Lihat 
18 PENGELOLAAN SURAT MASUK Lihat 
19 PERMINTAAN & PERSEDIAAN BARANG Lihat 
20 PERMINTAAN & PERSEDIAAN BARANG Lihat 
21 PENGADAAN BMN Lihat 


POB MONITORING EVALUASI 

POB Monev Pembelajaran Lihat 
POB Monev RPS Lihat 
POB Survei Kepuasan Lihat 


POB MANAJEMEN RESIKO 

POB Manajemen Risiko Lihat 
POB Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja Lihat 
POB Pengelolaan Sampah Lihat 


PENGENDALIAN 
Proses Pengendalian dalam siklus PPEPP berperan penting dalam memastikan bahwa setiap rencana dan kebijakan yang telah diimplementasikan berjalan sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan. Melalui pengendalian yang ketat, FISIP Universitas Mulawarman melakukan pemantauan dan koreksi terhadap berbagai aspek layanan pendidikan dan operasional, guna mencegah penyimpangan serta memastikan tercapainya tujuan pendidikan. Tahap ini juga membantu fakultas dalam menjaga konsistensi kinerja dan menjamin keberlanjutan perbaikan kualitas di setiap level. 

RTM FISIP 2021 Lihat 
RTM FISIP 2022 Lihat 
RTM FISIP 2023 Lihat 
RTM FISIP 2024 Lihat 


PENINGKATAN 
Proses Peningkatan dalam siklus PPEPP merupakan tahap penting yang bertujuan untuk memastikan peningkatan kualitas berkelanjutan di setiap aspek layanan pendidikan. Melalui analisis hasil evaluasi dan pengendalian, FISIP Universitas Mulawarman berkomitmen untuk melakukan perbaikan di berbagai bidang, seperti kurikulum, layanan akademik, dan fasilitas, guna memastikan lulusan memiliki kompetensi yang semakin relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. 

Laporan Benchmarking UNIBRAW 2023 Lihat 
Laporan Benchmarking UNESA 2023 Lihat 
Laporan Studi Tiru UNIMAS 2025 Lihat 
Laporan Studi Tiru UNHAS 2025 Lihat 
Laporan Studi Tiru UII, UGM dan UNIBRAW 2025 Lihat 
Loading image
Loading image Loading image